Informasi Bus Indonesia

Info Harga Tiket dan Jadwal Bus ALS Terbaru

Info Harga Tiket dan Jadwal Bus ALS Terbaru

Bus ALS atau Antar Lintas Sumatra pertama didirikan pada tahun 1966, tepatnya tanggal 29 September. Didirikan di Kotaponan, Mandailing Natal, Sumatra Utara. Perusahaan tersebut merupakan penyedia layanan jasa transportasi untuk penumpang angkutan darat. Jadi, bus ALS ini berasal dari Sumatera Utara dan merupakan perusahaan otobus terbesar di Sumatra dengan trayek terjauh di Indoesia yakni Medan, Sumatra Utara hingga Jember, Jawa Timur. Selain itu juga melayani trayek di sekitaran kota di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Di awal berdirinya, bus ALS ini hanya melayani Medan-Kotanopan. Kemudian menyusul trayek Medan-Bukit Tinggi. Kemudian di tahun 1972, bus ALS membuka trayek baru di berbagai kota Sumatera, seperti Banda Aceh, Padang, Pekan Baru, Jambi, Bengkulu, dan Bandar Lampung.

Di tahun 1970-an, saat mobil belum bisa menyeberang ke pulau Jawa karena belum tersedia kapal feri ro ro, ALS sudah membuka trayek untuk berbagai tujuan di pulau Jawa. Namun trayek tersebut harus memakai jasa agen yang mengurus pemberangkatan penumpang dari Pelabuhan Merak menggunakan kendaraan lain. Kemudian, di tahun 1980-an, setelah tersedia kapal feri ro ro, ALS bisa membuka langsung untuk trayek yang bertujuan Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu menyusul trayek untuk kota Malang dan Jember.

Di masa jayanya, bus ALS yang mampu melayani para penumpangnya dengan jarak ribuan kilometer mampu melintasi jalan raya lintas Sumatra baik itu lintas timur serta lintas tengah sudah diramaikan dengan ribuan bus yang juga dikelola oleh ratusan pengusaha PO. ALS yang merupakan Perusahaan Otobus dari Sumatera Utara ini memiliki 400 unit bus dan menjadi raja jalanan di jalur lintas Sumatra bersama PM TOH yang berasal dari Aceh, PO ANS dan PO NPM yang berasal dari Sumatra Barat, serta PO Gumarang dari Bandar Lampung. Dengan trayek yang paling jauh ini, pastinya memberikan akomodasi langsung melalui jalur darat untuk melakukan perjalanan ke pulau Sumatra meskipun harus berada di dalam bus selama berhari-hari hingga selamat sampai tujuan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *