5 Tips Aman Naik Bus Saat Pandemi Ala Ngebis


Friday, December 4 2020


...

5 Tips Aman Naik Bus Saat Pandemi Ala Ngebis

Masih khawatir menaiki bus disaat pandemi? 

Tenang, saat ini sudah ada banyak langkah untuk melindungi diri dari paparan virus saat menaiki transportasi bus. 

Berikut tips aman naik bus disaat pandemi covid-19: 

1. 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak)

Dengan cara yang sangat mudah, penumpang bus bisa menjaga diri dengan melakukan 3M atau memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Yang paling utama ialah memakai masker, dimana masker tersebut sesuai standar dari Kemenkes yang layak pakai guna untuk melindungi diri dari paparan virus, entah dari percikan partikel kecil yang berasal dari bersin maupun batuk. Jika para pengguna bus sudah memakai masker, maka presentase penularan juga akan menurun. Hal wajib selanjutnya ialah mencuci tangan. Baik para penumpang maupun kru bus diwajibkan untuk mencuci tangan untuk sebelum masuk kedalam bus. Tidak hanya saat akan memasuki bus, saat keluar dari bus pun juga sangat dianjurkan. Selanjutnya adalah persoalan menjaga jarak atau yang sering disebut dengan physical distancing. Biasanya dari pihak PO bus sudah membatasi jumlah penumpang serta sudah menentukan tempat duduk bagi para penumpangnya dengan memberikan jarak atau space antar kursi. Sehingga para penumpang tidak akan berdekatan dengan penumpang lain apalagi berdesak-desakan. 

2. Tidak Melakukan Percakapan Dengan Penumpang Lain

Mungkin selama ini berdiam diri didalam bus adalah hal yang membosankan, sehingga penumpang bus seringkali mengajak berbincang dengan penumpang lainnya. Berhubungan dengan kondisi sebelumnya tentang menjaga jarak, hal ini sangat berkaitan erat dengan perbincangan yang kemungkinan akan menyebabkan terjadi penularan virus. Himbauan untuk tidak bercakap-cakap dengan sesama penumpang dilakukan untuk melindungi diri dari paparan virus melalui udara. Selama pandemi, diharapkan pengguna bus dapat menanggapinya dengan bijak.  

3. Siap Sedia Hand Sanitizer

Terkadang tanpa sadar sebagai seorang penumpang bus seringkali menyentuh atau memegang bagian-bagian bus dengan tidak sengaja, seperti menyentuh permukaan kursi, menyentuh pegangan pintu bus saat akan menaikinya, atau bahkan menggenggam pegangan gantung yang ada didalam bus. Lebih parahnya lagi jika sehabis menyentuh sesuatu yang tidak diketahui kebersihannya malah langsung menyentuh bagian sensitif seperti mata, hidung, dan mulut. Hal ini juga akan menjadi sebab salah satu penularan virus secara tidak langsung. Untuk menangani masalah ini, sangat dianjurkan untuk selalu membawa hand sanitizer agar bisa dipakai setiap saat jika butuhkan. 

4. Unduh Aplikasi Pelindung Diri

Di era digital seperti ini tentunya mudah untuk menemukan aplikasi yang membantu kegiatan atau aktifitas yang kita lakukan. Berkaitan dengan pandemi covid-19 yang sedang dihadapi saat ini, penting untuk penumpang mengunduh aplikasi pelindung diri yang sudah direkomendasikan oleh pihak Kominfo. Aplikasi yang berbasis reminder atau pengingat ini difungsikan untuk mengetahui data lokasi saat bepergian yang akan memunculkan notifikasi jika berada dikeramaian atau berada di zona merah. Untuk hal ini akan membantu mengingatkan penumpang terkait dengan presentase wilayah yang terkena covid-19 agar lebih berhati-hati.  

5. Membawa Surat Keterangan Sehat/Rapid Test

Bagi penumpang yang menaiki bus dengan tujuan keluar kota, perlu diperhatikan agar membawa surat keterangan sehat dari dokter ataupun rapid test yang menunjukkan bahwa kondisi penumpang saat bepergian sedang dalam keadaan baik/sehat. Jika penumpang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik, maka disarankan untuk tidak bepergian.

Dengan tips-tips diatas, semua pengguna bus mulai dari kru hingga penumpang harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus dalam transportasi umum, khususnya bus. Untuk memudahkan itu semua, kini telah hadir ditengah masyarakat aplikasi Ngebis yang membantu booking tiket agar penumpang tak perlu lagi mengantri membeli tiket atau datang ke tempat penjualan tiket. Selain memudahkan, hal ini juga membantu mengurangi kerumunan di masa pandemi. Lagi, aplikasi Ngebis yang modern muncul dengan fitur-fitur unggulan yang tidak hanya memudahkan tetapi juga memberi banyak benefit kepada PO bus, kru bus, hingga penumpang.