7 hal penting mengapa kita harus naik bis


Wednesday, November 25 2020


...

Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya, mengapa naik bis itu perlu, mengapa naik bis itu harus digalakkan, apa yang terjadi jika kita enggan menaiki transportasi yang satu ini, dan masih banyak pertanyaan lainnya. Hal tersebut akan dikupas dalam tujuh poin berikut ini. 

1. Lebih Hemat

Salah satu moda transportasi umum seperti bis ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Dari segi biaya, naik bis tentunya akan lebih hemat dibandingkan dengan biaya tiket untuk naik pesawat, kereta, maupun taksi. Jika dibandingkan dengan penggunaan kendaraan pribadi pun juga akan tetap lebih hemat jika menggunakan bis. Untuk menaiki bis, kita tidak perlu memikirkan lagi pembelian bensin/solar, membayar tempat parkir, bahkan pembayaran tol. Cukup duduk manis dengan memberikan harga yang terjangkau untuk menaiki transportasi umum ini.  

2. Jadwal Lebih Fleksibel

Mau berangkat kapan saja bisa menjadi poin utama kemudahan penumpang dalam menaiki transportasi umum ini. Pasalnya, tidak perlu mengikuti jadwal yang ditetapkan oleh pihak transportasi tetapi penumpang bisa menyesuaikan jadwalnya sendiri. Pemilihan transportasi bis sangat tepat digunakan bahkan dalam waktu yang mendadak atau mendesak sekalipun.   

3. Banyak Pilihan Bus

Dari sisi yang satu ini umumnya penumpang dapat secara bebas memilih kelas atau tipe bis yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Terdapat banyak tipe yang dapat dipilih seperti minibus, bis ekonomi, bis eksekutif, bis VIP, bis patas, hingga bis pariwisata. Jenis bis dapat menjadi pilihan sesuai dengan keperluan penumpang.  

4. Mudah Kemana Saja 

Perlu diingat bahwa bis adalah transportasi umum yang mudah menjangkau banyak kota. Jangkauan atau rute perjalanan termasuk luas karena tak hanya menjangkau kota tetapi bisa mengantarkan ke desa-desa. Hal ini tentunya akan menjadi mudah karena bus tak memerlukan bandara atau stasiun untuk menjangkau ke tempat tujuan para penumpang.  

5. Bisa Berhenti Sesekali untuk Beristirahat

Bisa membayangkan bagaimana jika pesawat, kereta api, atau kapal jika ingin sesekali berhenti untuk beristirahat? Tentu hal ini akan sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan transportasi tersebut, transportasi bis bisa dengan mudah melakukannya. Bis bisa sesekali berhenti untuk beristirahat. Misalnya saja tempat makan, rest area, atau tempat ibadah.  

6. Tidak Perlu Perencanaan yang Jauh

Naik bis tidak serumit yang dibayangkan. Tinggal membeli tiket dan bisa langsung bepergian. Dalam hal ini tidak perlu membuat rencana yang jauh untuk menaiki sebuah transportasi umum. Selain itu, tidak perlu juga untuk membeli tiket pemesanan jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan banyaknya jadwal dan rute, kita bisa memilih tujuan perjalanan tanpa ada perencaan yang panjang.

7. Mendorong Upaya Penggunaan Bis Kembali

Banyak manfaat yang didapat dalam menaiki transportasi bis. Selain mengurangi dampak polusi, kemacetan, hingga kecelakaan, naik bis menjadi pilihan yang tepat karena ikut membantu dalam upaya penggunaan bis kembali. Dengan memilih bis sebagai transportasi bepergian, maka kamu juga ikut membantu menghidupkan kembali transportasi ini.