Apakah masyarakat beralih ke Bus Eksekutif? Peluang untuk Bus Ekonomi.


Thursday, November 5 2020


...

Menhub: “Banyak yang beralih ke Bus Eksekutif. Artinya kalau saya kasih jalur khusus bus, masyarakat akan lebih banyak yang pindah dari mobil ke transportasi umum". Ungkapan yang dikutip dari laman https://nasional.kontan.co.id/ ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan dan menuai banyak respon positif dari kalangan masyarakat.

Tentunya langkah tersebut akan mendorong perubahan untuk beralih menggunakan transportasi umum, khususnya transportasi bus. Selain akan mengurangi kemacetan, kondisi ini akan menyurutkan dampak negatif dari penggunaan kendaraan pribadi. 

Bus Eksekutif yang semakin diminati masyarakat akan menciptakan dampak positif dalam beberapa hal, mulai dari fasilitas yang diberikan hingga dari segi pelayanannya. Namun, tidak sedikit pula yang masih memberikan tanggapan bahwa Bus Eksekutif pun masih memiliki kekurangan, khususnya dalam persoalan biaya, fasilitas, atau servicenya. Dengan memberikan biaya yang lebih mahal belum tentu menjamin kepuasan para penumpang. 

Hal ini akan memunculkan spekulasi seperti, “bus eksekutif saja masih memiliki kekurangan, apalagi bus ekonomi.” 

Poin tersebut tidaklah selalu benar. Dalam hal ini, Bus Ekonomi yang menjadi pesaing dari Bus Eksekutif juga mendapatkan tantangan baru untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas agar terus bisa berdampingan dengan tipe bus lainnya. 

Walaupun dalam persaingan ketat yang menuntut kemajuan dari berbagai bidang, banyak Bus Ekonomi yang kini terus memperbaiki fasilitas, pelayanan, hingga manajemen untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan penumpangnya. 

Hal ini tidak menutup kemungkinan jika Bus Ekonomi dapat memberikan pelayanan yang premium kepada para penumpangnya. Untuk bisa menciptakan itu semua, perlu adanya inovasi agar penumpang bus bisa senantiasa menaiki transportasi umum ini. Perubahan tersebut bisa dimulai dengan memperbaiki fasilitas yang dimiliki bus, pelayanan yang excellent, serta memudahkan para penumpang dan driver dengan pemakaian aplikasi “Ngebis”. 

Dengan aplikasi Ngebis, penumpang akan menemukan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan. Dengan manaiki Bus Ekonomi pun, hal ini akan menuai banyak kesan positif karena sudah menggunakan aplikasi Ngebis.  

Aplikasi Ngebis sangat direkomendasikan khususnya untuk Bus Ekonomi, karena dalam lingkup ini aplikasi Ngebis didukung fitur pelacakan bus, dimana Bus Ekonomi dapat menjemput penumpang yang naik dan turun dimana saja. Fitur lengkap dengan menggunakan estimation travel period atau estimasi waktu perjalanan akan memberikan kemudahan bagi para penumpangnya.

Dengan aplikasi Ngebis diharapkan akan banyak Bus Ekonomi yang semakin maju walaupun harus bersaing dengan tipe-tipe bus lainnya.