Transportasi Bus di Era New Normal


Wednesday, December 2 2020


...

Transportasi Bus di Era New Normal

‘Masa Pandemi Belum Berakhir, Masyarakat Tak Perlu Khawatir Naik Transportasi Bus’

Sebelum virus covid-19 muncul di Indonesia, dunia moda transportasi bus sebenarnya sudah menurun sejak lama. Pernyataan ini didukung dengan adanya penurunan jumlah penumpang pada setiap tahunnya. Apalagi dengan kondisi saat ini, masa pandemi yang belum berakhir membuat moda transportasi bus hampir berhenti beroperasi. Banyak Perusahaan Otobus (PO) yang melakukan pembatasan operasional armada bahkan ada yang tidak beroperasi sama sekali. 

Tidak beroperasinya bus juga disebabkan oleh kekhawatiran dari kalangan masyarakat terkait penyebaran virus covid-19 di transportasi publik. Adanya potensi risiko penularan melalui transportasi umum menjadi sorotan saat ini. Terkait hal tersebut, pastinya masyarakat akan merasa was-was untuk menaiki transportasi umum khususnya bus. Persoalan kemungkinan penularan virus di transportasi bus akan berkaitan dengan kapasitas penumpang, dimana hal ini berhubungan erat dengan persoalan jaga jarak atau physical distancing. Kemudian terkait dengan kebersihan didalam bus, apakah kondisi bus dalam keadaan bersih atau tidak. Selain itu hal yang mempengaruhi tentang penerapan protokol kesehatan yang diterapkan pada masing-masing PO bus. Hal sensitif seperti persoalan tersebut memang menjadi pertimbangan bagi para penumpang untuk menggunakan transportasi bus.  

Masyarakat tak perlu risau, di era new normal ini pihak pemerintahan menghimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menaiki transportasi umum. Hal ini serta merta didukung dengan aksi PO yang melakukan pembersihan pada armadanya. Mulai dari pemberlakuan physical distancing untuk tempat duduk, penyemprotan desinfektan, membersihkan bagian dalam dan luar bus, hingga penyediaan hand sanitizer. Sehingga untuk hal ini penumpang dapat menaiki bus dengan penuh rasa aman di masa pandemi. Dalam lingkup tersebut didukung dengan pernyataan bahwa tidak ada/tidak ditemukan klaster penularan covid-19 di angkutan umum.  

Referensi:

https://halosemarang.id/masa-pandemi-okupansi-transportasi-umum-turun-drastis

https://industri.kontan.co.id/news/survei-pengguna-transportasi-umum-turun-drastis-sejak-pandemi-covid-19

https://republika.co.id/berita/qh1xxi457/kekhawatiran-akan-pandemi-jadi-tantangan-transportasi-publik

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200811/98/1277809/penularan-covid-19-bukan-di-angkutan-umum-ini-kata-mti

https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/08/05/penggunaan-transportasi-umum-di-fase-adaptasi-baru-dinilai-masih-rendah